Sedang berpikir tentang kemana hendak menentukan tujuan liburan Anda? Kalau Anda bosan ke pantai yang panas dan ingin merasakan yang dingin-dingin, tapi malas ke Puncak saking ramainya, Anda bisa memilih untuk pergi ke Dieng, yang secara administratif masih masuk ke kawasan milik Kabupaten Wonosobo. Berikut ini adalah panduan wisata ke Dieng, dari cara menuju dataran tinggi tersebut, hingga tempat-tempat wisatanya.

Pertama adalah tentang bagaimana mencapai kawasan Dataran Tinggi Dieng. Anda yang bepergian dari Jakarta misalnya, memiliki pilihan berikut ini:

  1. Naik bus: Pilih bus dengan tujuan Wonosobo (biasanya setiap kota memilikinya). Harganya cukup terjangkau, antara Rp85 ribuan (Ekonomi) sampai Rp200 ribuan (Eksekutif). Kalau dari Jakarta, Anda akan menempuh perjalanan selama 12 jam, jadi siapkan fisik Anda. Sesampainya di Terminal Mendolo, Wonosobo, ambil mikrobus ke kawasan wisata Dieng dengan tarif Rp10.000,00.
  2. Naik kereta: Kalau Anda memilih untuk naik kereta, ambil kereta dengan tujuan Purwokerto (biaya Rp100-300 ribuan). Begitu turun di stasiun Purwokerto, naik bus Purwokerto-Wonosobo selama 2 jam (Rp20.000,00) dan turun di Terminal Mendolo. Dari sini, Anda bisa naik mikrobus ke Dieng.

Sebagai panduan wisata ke Dieng, tentu tak lengkap jika tak memberikan tips tentang barang-barang dan situasi di Dieng sendiri. Ini yang harus Anda perhatikan:

  1. Bawalah baju hangat dan jaket tebal. Dataran Tinggi Dieng memiliki suhu rendah (12-20o C di waktu siang, 6-10o C saat malam) sehingga Anda pasti menggigil. Jangan lupa pula bawa lipbalm dan krim untuk kulit kering.
  2. Banyak penginapan tersedia dengan harga murah, meski belum tentu bisa booking lewat telepon atau internet. Pastikan bahwa penginapan Anda memiliki air hangat.
  3. Kalau mau makan di warung dan tak ada daftar menunya, tanyakan harga dulu sebelum membeli agar tak ditipu.

Sekarang, mari lihat apa saja tempat wisata yang perlu Anda kunjungi:

  • Telaga Warna – wajib hukumnya mengunjungi telaga cantik yang warnanya bisa berubah-ubah ini. Biaya masuk Rp7.500,00.
  • Kawah Sikidang – kawah vulkanik yang mengepulkan asap dari magma. Biayanya Rp5.000,00.
  • Gardu Pandang Dieng – nikmati pemandangan di atas awan secara gratis.
  • Kompleks Candi Dieng – kalau ada waktu, kunjungi kompleks candi yang bertebaran di dataran tinggi ini. Tiket masuk rata-rata Rp5.000,00.
  • Bukit Sikunir – nikmati matahari terbit indah di bukit ini, yang merupakan alternatif lebih menantang daripada Gardu Pandang.

Itulah panduan wisata ke Dieng secara singkat. Anda tak akan menemui kesulitan untuk sampai ke tempat wisata ini lantaran banyak penduduk setempat yang sudah mengetahuinya. Hanya saja, tetap hati-hati supaya Anda tak kena tipu dan diperas dengan harga mahal. Selain itu, jangan lupa bawa kantong sampah Anda sendiri sehingga tak mengotori lingkungan Dieng.

 
 

Share This

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *